Dewan Minta Perusda Berkontribusi untuk PAD

2925
R Atu Narang
Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang saat memimpin rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kalten

PALANGKA RAYA/tabengan.com – DPRD Kalteng meminta perusahaan daerah (Perusda) berkontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalteng.

Pasalnya, sampai sekarang ini, Perusda belum mampu secara signifikan memberikan kontribusinya terhadap PAD Kalteng.

Kinerja perusda inilah yang sekarang ini menjadi sorotan tajam kalangan di DPRD Kalteng. Karena, sampai sekarang ini, keberadaan perusahaan daerah sebagai salah satu harapan sektor penyumbang PAD Kalteng belum bisa diandalkan.

Anggota Komisi A DPRD Provinsi Kalteng Zain Alkim, di gedung dewan, belum lama ini, mempertanyakan kinerja dan upaya serta program perusda untuk membantu Pemprov Kalteng dalam hal peningkatan PAD. Karena sampai sekarang masih tidak terlihat maksimal bagaimana perusda yang dibentuk dapat membantu meningkatkan PAD.

Oleh karena itu, mantan Bupati Barito Timur (Bartim) dua periode ini menilai keberadaan perusda perlu dievaluasi kembali, sebab selama ini masih belum maksimal atau masih hanya mengharapkan bantuan hibah setiap tahun dari pemerintah atau belum mandiri.

Diharapkan ke depan perusda memiliki program/kegiatan yang sangat jelas dapat menjadi salah satu sektor penghasil pundi-pundi uang bagi daerah, dan tidak hanya sebagai beban bagi keuangan daerah.

“Kita mengharapkan ke depan perusda ini dapat membantu meningkatkan PAD Kalteng, bukan hanya mengharapkan bantuan terus dari pemerintah,” kata Zain. sgh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here