Disdik Kalteng Prioritaskan Pembangunan SMK

192
Ilustrasi
Ilustrasi

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengungkapkan, saat ini sekolah menengah kejuruan (SMK) masih dianggap kurang. Padahal, SMK sangat diperlukan karena memberikan ilmu dan keterampilan secara langsung.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Kantor Dinas Pendidikan Kalteng Drs Suladeri MPd, belum lama ini mengungkapkan, saat ini Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Disdik Kalteng akan memprioritaskan pembangunan SMK. Sebab, keberadaan SMK semakin dilirik masyarakat luas, mengingat output SMK relatif dipakai dan semakin dibutuhkan dunia kerja.

“Sangat penting untuk kita memiliki banyak SMK tentunya dengan program-program yang unggulan supaya lulusan kita tidak jadi pengangguran,” ucap Suladeri dibincangi diruangannya.

Ia menyebut, keberhasilan pembangunan SMK sangat ditentukan oleh jejaring yang dibangun pada seluruh lini, baik tingkat pusat maupun daerah. Untuk itu, pemahaman yang tepat akan visi, misi dan program-program pembinaan SMK oleh berbagai pihak terkait sangat menentukan.

Ia mengatakan SMK sangat diperlukan agar siswa yang lulus kita sudah siap untuk berkerja maupun menjadi wirausah yang mandiri dan mampu membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

“Dengan adanya SMK tentunya dengan Program keahlian/jurusan yang diunggulkan, maka sekolah tersebut diharapakn mampu mencetak tenaga kerja yang terampil dan mandiri,” katanya.

Selain itu dengan adanya program unggulan di masing-masing SMK, akan memudahkan pihak perusahaan untuk berkerjasama dengan sekolah untuk memfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah dibina masing-masing sekolah.

Oleh karena itu pengelolaan SMK di Kalteng diharapkan untuk dapat berkomunikasi dengan baik serta merancang strategi agar para lulusannya dapat langsung diserap dalam dunia kerja yang ada di bumi tambung bungai.nta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here