Siti Habibah: Seni Tari adalah sumber inspirasi

1111
Siti Habibah
Siti Habibah

Tabengan.com – Siti Habibah atau biasa dipanggil dengan nama Habibah, merupakan seorang penari serta koreografer tari tradisional Kalimantan Tengah. Wanita yang punya seabrek prestasi ini lahir di Desa Mungku Baru, Kalimantan Tengah pada 06 Februari 1989 silam.

Puteri pasangan Alm Darmanto Yami dan Rosila memiliki kegemarannya dalam bidang tari, khususnya tari tradisional Kalimantan Tengah yang sudah digeluti sejak masih kecil. Demi menunjang bakat tari yang ada dalam dirinya, Habibah mengikuti beberapa sanggar tari di Kalimantan Tengah khususnya yang ada kota Palangka Raya.

Dari bakat tari itu pula, Habibah mengikuti serta mendapatkan prestasi dari beberapa event baik tingkat Daerah maupun tingkat Nasional, bahkan sampai Internasional pun pernah ia ikuti.

Dari sedemikian banyak prestasi yang sudah diraihnya, menurutnya belum membuat dirinya puas begitu saja. Bahkan berangkat dari situ, dia sadar bahwa seni tari tradisional khususnya di Kalimantan Tengah harus benar – benar dilestarikan dan diperkenalkan sedini mungkin kepada penerus – penerus selanjutnya.

Sebab ia berpikir, Kalimantan Tengah merupakan daerah yang memiliki kebudayaan serta kesenian yang sungguh luar biasa. Dan melalui kebudayaan serta kesenian tersebut Kalimantan Tengah, bisa lebih dikenal oleh orang luar, salah satunya melalui kesenian Tari Tradisional Kalimantan Tengah.

Untuk mengembangkan dan menurunkan keahlian yang dimilikinya tersebut, Habibah sekarang membentuk sebuah Sanggar Kesenian Tari di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah yang diberi nama Sanggar Darung Tingang. Habibah bervisi, kesenian tari tradisional Kalimantan Tengah bisa terus ada dan selalu eksis mengikuti perkembangan zaman tanpa harus di singkirkan. Yulianus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here