Perekaman E-KTP Capai 96 Persen

2400
Blanko e-KTP
Ilustrasi

BUNTOK/tabengan.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Barito Selatan (Barsel) Nyamei Tumbai mengatakan, perekaman kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP di daerah setempat hingga juni 2017 telah mencapai 96 persen.

Pencapaian ini dihitung dari jumlah masyarakat yang wajib KTP di Kabupaten Barsel sebanyak 104 ribu orang lebih dan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 99 ribu orang.

“Masih tersisa yang belum perekaman sebanyak 4 ribu orang lebih atau hanya sekitar 4 persen lagi,” ujar Nyamei Tumbai, kepada Tabengan di ruang kerjanya,Selasa (4/7).

Mantan Kepala Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah Barsel itu menambahkan, untuk blangko E-KTP pada bulan Mei yang lalu, pihaknya telah menerima sebanyak 8 ribu keping
Sedangkan dari 8 ribu blangko tersebut yang siap cetak atau sudah prekaman sebanyak 11 ribu lebih. Kemudian dari 11 ribu itu sudah tercetak sebanyak 6 ribu KTP sehingga masih ada sisa 5 ribu KTP yang belum tercetak.

Dia melanjutkan, sementara 8 ribu blangko hanya tersisa 2 ribu. Apabila 8 ribu blangko itu tercetak, maka masih kekurangan blangko KTP sebanyak 3 ribu lebih. Selain itu ada data perekaman ke data center yang masih menunggu penunggalan sekitar 200 lebih wajib KTP dalam proses.

“Bila blangko KTP akan segera habis maka kami akan melakukan permintaan lagi ke pusat,” ujar Nyamei sapaan akrabnya.

Nyamei mengharapkan adanya dukungan dari Pemkab Barsel tahun ini berupa dana, agar perekaman tersebut dapat segera selesai, sehingga tidak ada lagi warga Barsel yang belum perekaman dan miliki E-KTP. c-dan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here