Warga Berharap, Perbaikan 130 KK Rumah Tak Layak Huni Tepat Sasaran

2888
ilustrasi renovasi rumah
Ilustrasi

KUALA PEMBUANG/tabengan.com – Warga disejumlah kecamatan berharap proyek rehab rumah tak layak huni di Kabupaten Seruyan benar-benar tepat sasaran.

Pasalnya, proyek renovasi rumah seringkali tidak merata. Yang mendapatkan rehab hanya warga di wilayah perkotaan, sedangkan di wilayah pedesaan belum begitu terasa.

“Rehab itu, hendaknya sesuai dengan peruntukkannya, dan sesuai nilainya, jangan dipotong lagi untuk operasional dan lain-lain,” kata Kurni (52), warga Kecamatan Batu Ampar, Minggu (2/7).

Menurutnya, warga dipedesaan menyambut baik dengan adanya rencana rehab rumah oleh Dinas Perumahan Rakyat. Karena, tidak semua warga memiliki tempat tinggal yang layak, ditambah lagi saat ini sulitnya mencari pekerjaan.

Warga lain di Kecamatan Seruyan Hilir, Abu (36), menginginkan, rehab nantinya juga harus diikuti dengan pembuatan sarana MCK dan pompa air.

“Sarana air bersih juga harus dibuat, karena air bersih juga sulit didapat ditempat-tempat tertentu,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, tahun 2017 ini, sebanyak 130 keluarga di Kabupaten Seruyan, akan menerima bantuan perbaikan rumah tidak layak huni dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Seruyan Pieter Manginte mengatakan, warga penerima bantuan perbaikan rumah tidak layak layak huni (RTLH) ini berasal dari 2 kecamatan, yakni Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Realisasi bantuan adalah pemberian uang tunai kepada masing-masing rumah tangga sasaran sebesar Rp15 juta, dan masing-masing pemilik rumah yang menentukan sendiri bagian rumah mana yang akan diperbaiki.

“Meski diserahkan kepada masing-masing pemilik rumah, namun kita tetap awasi bersama sejauh mana realisasi bantuan RTLH untuk memastikan agar tepat sasaran,” paparnya. c-bam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here