Obama-Jokowi Santap Sate Sepiring Berdua

817
Obama dan Jokowi
Obama dan Jokowi

BOGOR/tabengan.com – Presiden ke-44 Amerika Serikat Barrack Obama menyantap habis semangkuk bakso kuah yang disajikan di Istana Kepresidenan, Bogor. Tak itu saja. Obama juga berbagi sate berdua bersama Jokowi.

Captain Grand Garden Cafe Asep menjelaskan, selain sate, Jokowi dan Obama menyantap sejumlah menu yang disajikan. Untuk sate, keduanya satu piring.

“Kalau sate porsinya yang gede, sharing. Kalau bakso, es kelapa, orange juice, dipisah satu-satu,” ujar Asep di Grand Garden Cafe, Kota Bogor, Jumat (30/6).

Sementara Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan, Obama menghabiskan semangkuk bakso. “Menurut yang menyajikan, bakso dilahap habis oleh Pak Obama,” tutur dia.

Semangkuk bakso kuah itu disajikan saat Obama berbincang santai dengan Presiden Joko Widodo di dalam Grand Garden Cafe, Kebun Raya Bogor.

Awalnya, bincang-bincang Jokowi dengan Obama digelar di luar ruangan. Di tempat itu, Obama disuguhi jajanan pasar. “Ada kue onde-onde, kue talam ubi, kue mangkok, roti panada (isi) cakalang, dan lemper ayam,” ujar Bey.

Tak lupa, karena cuaca saat itu mendung, secangkir teh manis hangat disajikan bersamaan dengan ragam jajanan pasar tersebut.

Namun, baru sekitar 10 menit berbincang, hujan pun turun. Jokowi pun mengajak Obama pindah ke dalam kafe bergaya open spacetersebut. Ditemani rintik hujan, Jokowi dan Obama asyik berbincang di sana.

Keduanya menghadap taman yang basah disiram hujan. Saat itulah suguhan bakso kuah yang disantap habis oleh Obama. “Di dalam itu, minumnya teh hangat manis hangat juga,” ujar Bey.

Rupanya, Obama sangat puas dengan sajian bakso tersebut. Nunung, kasir Grand Garden Café menceritakan reaksi usai menyantap bakso.

“Dia naik ke atas. Waktu kita nongol di sini (meja kasir) dia ngucapin ‘selamat sore’. Terus duduk di depan sini, makan bakso, es kelapa,” tutur Nunung.

Nunung mengatakan usai makan dan berbincang dengan Jokowi, Obama beranjak pergi. Namun dia tak lupa menyampaikan terima kasih. “Saya suka, baksonya enak, es kelapanya juga enak. Terima kasih,” kata Nunung menirukan Obama.

Dia lalu menyalami satu per satu pegawai kafe yang melayaninya. “Pulang, salaman terus bilang terima kasih juga, salaman satu-satu, udah dia pulang,” jelas Nunung.

Jempol untuk Kaesang
Kedatangan Obama ke Istana Bogor disambut hangat keluarga Jokowi. Obama tiba sekitar pukul 15.35 WIB menggunakan Chevrolet. Keluar dari pintu kanan, Obama langsung disambut Jokowi yang mengenakan kemeja putih bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan putra mereka, Kaesang Pangarep.

Obama dan Jokowi sama-sama tersenyum sumringah. Obama merangkul Jokowi, yang berada di sebelah kanannya. Setelah itu, Obama menyalami Iriana dan Kaesang.

Obama dan Kaesang tampak berbincang singkat. Belum diketahui isi obrolan keduanya, namun Obama terlihat mengacungkan jempol ke arah Kaesang sambil tersenyum.

Setelah itu, Obama masuk ke Istana untuk mengisi buku tamu. Obama kemudian menuju beranda Istana Bogor. Kemudian Obama naik mobil golf bersama Jokowi. Keduanya berbincang akrab dan terlihat kerap tertawa di mobil golf yang disetiri Jokowi.

Sedangkan Iriana dan Kaesang berada di mobil golf yang mengikuti Jokowi dan Obama. Kaesang terlihat memegang kamera dan mengabadikan kebersamaan Jokowi serta Obama. Setelah itu mereka menuju Grand Garden Café untuk menyantap sajian kuliner khas Indonesia. k-com/d-com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here