Gubernur Hadiri Tanam Perdana Kelapa Sawit Swadaya

3493
Penanaman perdana kelapa sawit swadaya di Kobar
Penanaman perdana kelapa sawit swadaya di Kobar

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menghadiri penanaman perdana kelapa sawit swadaya masyarakat seluas 200 hektare di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan PT Sawit Sumbermas Sarana (PT SSS) grup dari PT Citra Borneo Indah (PT CBI), dihadiri owner H Abdul Rasyid AS, sejumlah kepala daerah diantaranya, Bupati Seruyan Sudarsono, Barito Selatan (Barsel) Edi Raya, Wakil Bupati Lamandau Sugiarto, Ketua DPRD Lamandau H Tommy Ibrahim, dan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Ir Bambang MM.

Sugianto Sabran mengatakan, penanaman perdana kebun kelapa sawit swadaya masyarakat dengan pola kemitraan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sangat luar biasa dan dipastikan dapat membantu masyarakat serta pemerintah daerah. Ini harusnya bisa menjadi contoh oleh pengusaha-pengusaha, khususnya yang bergerak di perkebunan kelapa sawit yang ada di Kalteng,” katanya, kemarin.

Ia juga mengapresiasi bahwa baru pertama kali dilakukan penanaman kelapa sawit terintegrasi dengan tanaman jagung. Dengan pola tanam itu, petani bisa mendapatkan hasil lebih dari tanaman jagung tersebut.

“Dalam jangka pendek, jagung bisa dinikmati hasilnya, sedangkan jangka panjang dari kelapa sawit itu sendiri,” ujarnya.

Diharap dengan adanya penanaman perdana kebun kelapa sawit swadaya masyarakat dengan pola kemitraan antara masyarakat dan perusahaan dapat menyejahterakan masyarakat di daerah tersebut.

‚ÄúDengan harapan dapat mengangkat harkat dan martabat Provinsi Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Usaha perkebunan menjadi salah satu faktor penggerak roda ekonomi dan tentunya akan berpengaruh pada kemanjuan daerah. Sehingga ia meminta kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif.

“Insya Allah dengan meningkatnya ekonomi warga, secara tidak langsung akan mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kalteng seluruhnya. Itulah harapan dan tujuan kami agar tidak ada lagi kemiskinan di Kalteng,” kata Sugianto.c-uli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here