Komisi II Beberkan Hasil Kunker ke Kota Banjarmasin

2210
Ketua Komisi II DPRD Bartim Rini
Ketua Komisi II DPRD Bartim Rini

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Ketua Komisi II DPRD Barito Timur (Bartim) Rini membeberkan hasil kunjungan kerja terkait pembinaan petani tambak ikan ke Dinas Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan pada 15-18 Maret lalu.

Dalam keterangannya, Rini mengatakan, tujuan kunjungan adalah belajar mengenai sistem memajukan pemberdayaan petani, khususnya tambak ikan.

Diungkapkan, di petani tambang ikan di Kalsel adalah tipe A, sedangkan di Bartim baru tipe C. Alasan kunker ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin karena dinas tersebut mampu mmampu mencetak ratusan wirausahawan, lebih bergelut di Komoditas Budi Daya Jamur Holtikultura, Perternakan Itik, Budidaya Ikan Haruan, bahkan sampai Lobster.

“Kita tertarik pada budidaya jamur dan keramba serta kolam ikan. Sedangkan di Bartim, keramba dan kolam ikan dari dulu sebagian warga sudah bergelut dan pemerintah daerah pun menunjang program tersebut melalui dinas terkait dengan memberikan bantuan bibit ikan,” terangnya.

Rini juga menambahkan, tak hanya memberikan bantuan bibit namun dinas terkait juga lebih aktif dan secara terus menurus melalui PPL memberikan pelatihan dan memantau semua kegiatan tersebut, sehingga program tersebut berhasil.

Untu merealisasikan di daerah Bartim, dalam waktu dekat Komisi II akan bersama dinas teknis terkait turun meninjau dan menemui langsung ke masyarakat yang bergelut di dunia usaha keramba dan kolam ikan.

“Oleh karena itu, dewan sebagai mitra kerja pemerintah siap bekerja sama untuk menyejahtrakan masyarakat. Bahkan, siap berkontribusi dengan memberikan saran dan pendapat yang didapat dari hasil kunker. Sehingga berdampak positif dan bermanfaat untuk menciptakan wirausahawan di daerah ini,” pungkas Rini. c-yus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here