Puskesmas Kalahien Kekurangan Tenaga Analis Kesehatan

747
Acon Dikson
Acon Dikson

BUNTOK/tabengan.com – Pukesmas Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) masih kekurangan tenaga kesehatan di bidang analis. Dampaknya,tenaga medis setempat tidak bisa memastikan jenis penyakit yang diderita para pasien yang berobat.

“Karena kurangnya tenaga kesehatan bidang analis ini maka sementara ini terpaksa pemeriksaan penyakit pasien harus di bawa ke RSUD Jaraga Sasamah untuk mengetahui penyakit yang di derita,” ungkap Acon Dikson Kepala Puskesmas Kalahien, kepada Tabengan, Selasa (21/3).

Dikatakan dia, pihaknya sudah mengusulkan kepada Dinskes agar mengirimkan tenaga analis kesehatan. Hal tersebut guna melengkapi tenaga analis di Pukesmas Kalahien sehingga pelayanan pada masyarakat semakin baik.

Sementara tenaga kesehatan di bidang lainnya cukup lengkap, baik tenaga perawat maupun dokter. Namun fasilitas juga tidak kalah penting untuk jadi perhatian, yakni sejumlah ruang kerja pukesmas yang kondisinya sudah rusak dan perlu direhap. Kemudian tanah halaman pukesmas terlalu rendah sehingga saat turun hujan alami banjir.

“Kita berharap adanya upaya dari pemerintah melalui Dinkes Barsel bisa melakukan renovasi, baik ruang kerja para petugas maupun tanah halaman puskesmas. Demikian juga dengan tenaga analis kesehatan supaya pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih maksimal,” harap dia.

Lebih lanjut dikatakan Acon, jika semua fasilitas dimksud sudah lengkap termasuk tenaga analis kesehatan maka pukesmas Kalahien siap untuk tempat rawat inap dan bukan saja hanya rawat jalan. c-lis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here