Sakariyas Ajak Semua Tokoh Agama Membangun Katingan

2308
Sakariyas
Sakariyas

KASONGAN/tabengan.com – Plt Bupati Katingan Sakariyas SE mengajak tokoh agama dan sejumlah elemen masyarakat setempat untuk bersama-sama membangun Kabupaten Katingan.

Ajakan ini disampaikannya di hadapan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ulama dan rohaniawan, sejumlah kepala Satuan organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemkab setempat, FKPD, Wakil Ketua II DPRD H Alfujiansyah, dan puluhan undangan lainnya pada acara silaturahmi, Minggu (11/6) kemarin, di rumah jabatan (rujab) Bupati setempat.

Ajakan ini cukup beralasan. Sebab menurutnya, untuk membangun daerah sebesar Katingan, sangat tidak mungkin dikerjakan oleh Pemkab Katingan saja, melainkan harus ada keterlibatan semua unsur, termasuk dari legislatif.

“Karena legislatif, bukan hanya sebagai lembaga legislasi, juga memiliki hak budgeting, yakni turut menganggarkan proyek pembangunan dan sekaligus sebagai pengawas jalannya roda pemerintahan di Pemkab Katingan ini,” kata Sakariyas.

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Katingan H Abdul Azis dalam sambutannya, Katingan diibaratkannya sebagai perahu, yang tentu saja di dalamnya bukan hanya ditumpangi oleh Anak Buah Kapal (ABK) dan penumpang saja, tapi ditumpangi juga oleh pimpinannya sendiri. Karena, tanpa pimpinan atau juragan, perahu tersebut tidak bisa berlayar.

Yang dimaksud H Abdul Azis, meskipun perahunya tetap yang kemarin dan juragannya berganti, namun tujuannya sama agar apa yang dicita-citakan bisa tercapai.

“Yang penting membangun Katingan ini perlu kebersamaan semua pihak,” ajak H Azis.

Duwel Rawing, salah seorang tokoh masyarakat Katingan dalam penjelasannya mengatakan, meskipun penduduk Katingan ini terdiri dari berbagai perbedaan, baik agama, suku, ras maupun pandangan, namun sejak Katingan menjadi Kabupaten pada 20 Juli 2002 hingga sekarang, tetap damai dan rukun.

Diakuinya, perbedaan memang ada di mana-mana. Namun, bagaimana masyarakat dan pemerintah daerah dapat menjaga perbedaan itu sehingga tetap bersatu, seperti yang diingini semua lini, dengan motto Bhineka Tunggal Ika.

“Kalau kita bisa bersatu maka untuk memajukan daerah Katingan ini kedepan, akan sangat gampang. Tinggal, dari mana kita akan memulai pembangunan dimaksud. Sehingga, hasil pembangunannya tidak sekedar membangun saja tapi akan bermanfaat bagi masyarakat Katingan dan bagi kita semua,” jelas anggota DPRD Provinsi Kalteng ini.c-dar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here