Kemenag Kotim Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

1884
Zakat fitrah
Ilustrasi

SAMPIT/tabengan.com – Kantor Kementerian Agama( Kemenag) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mengeluarkan ketetapan besaran pembayaran zakat fitrah 1438 Hijriah antara sebesar Rp 15 ribu hingga Rp 106.250, sesuai dengan kriteria beras yang dikonsumsi warga setiap hari.

Kepala Kantor Kemenag Kotim Samsudin mengatakan, ketetapan zakat ini sudah diedarkan kepada Badan Amil Zakat (BAZ), pengurus masjid, langgar/mushala, dan instansi pemerintah juga Kepala Kantor Urusan Agama di 17 kecamatan se-Kabupaten Kotim.

Zakat yang ditetapkan itu, kata dia, diformulasikan untuk zakat fitrah dengan beras sebanyak 2,5 kilogram per jiwa apabila diganti dengan uang seperti beras merek Anggrek Bulan Rp 6 ribu per jiwa per kilogram, maka dikalikan 2,5 kg menjadi Rp 15 ribu per jiwa. Sedangkan jika jenis beras Taj Mahal Rp 42.500 per kg, jika dinilai dengan dengan uang sebesar Rp 106.250 ribu per jiwa.

“Jadi zakat fitrah berupa beras atau uang yang biasa dikeluarkan sebelum hari raya Idul Fitri itu sesuai dengan yang dimakan sehari-hari, dengan ukuran 2,5 kg atau bila tunai dengan uang dibayarkan sesuai nilai harga beras tersebut,” katanya, Rabu (7/6).

Berdasarkan pantauan tim survei dari kantor Kemenag Kotim di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), Bintang Swalayan, Pasar Keramat dan Pasar Sejumput pada 6 Juni, maka besaran zakat fitrah dapat ditentukan yakni beras jenis Anggarek Bulan Rp 6 ribu per kg, jika dinilai dengan uang Rp 15 ribu. Beras pagatan, jihirang dan delima Rp 9 ribu , kalau dikalikan dengan uang Rp 22.500. Beras dolog dan merpati Rp 10 ribu, jika dikalikan dengan uang sebesar Rp 25 ribu. Beras ale-ale, jelawat, daun pandan Rp 11 ribu, jika dinilai dengan uang Rp 27.500. Beras Mangga, ubur-ubur Rp 11.500, jika dinilai dengan uang Rp 28.750, dan beras Taj Mahal Rp 42.500, jika dinilai dengan uang Rp 106.250.

“Dianjurkan warga menyerahkan zakat fitrah dan zakat maal ke BAZ setempat, dengan zakat fitrah maka menyempurnakan ibadah kita di bulan Ramadan supaya berkah yang kita dapat dari Allah pun semakin banyak,” harapnya. c-may

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here