Daging Murah Bulog Dipasarkan Rp80 Ribu/Kilogram

2499
Daging murah bulog Sampit
Daging murah bulog Sampit

SAMPIT/tabengan.com – Guna menekan harga daging sapi dan kerbau di Kota Sampit pada saat Ramadan dan menjelang Lebaran nanti, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Sub Divre) Sampit mulai memasarkan daging sapi dan kerbau dengan harga murah. Saat ini stok daging tersebut sudah tiba di Bulog Sampit.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Sampit, Joko Prasetyo Afrizal mengungkapkan, Bulog Sampit memperoleh pasokan 1.500 kilogram daging, terdiri dari 1.000 kilogram atau 1 ton daging sapi dan 500 kilogram daging kerbau. “Bagi masyarakat yang ingin membeli, silakan datang ke kantor kami,” terang Joko Prasetyo, Selasa (6/6).

Menurutnya, sesuai harga eceran yang ditetapkan pemerintah, daging sapi beku itu dijual Rp80 ribu per kilogram, sedangkan harga daging kerbau masih dikonsultasikan. Jika mengacu pada Bulog Divisi Regional Kalimantan Tengah di Palangka Raya, daging kerbau dijual Rp70.000 /kg.

Harga tersebut jauh lebih murah dibanding harga daging sapi di pasaran di Sampit saat ini yang berkisar antara Rp120.000 hingga Rp140.000 /kg. Untuk mencegah aksi borong dan penyelewengan, setiap pembeli rencananya dibatasi hanya boleh membeli maksimal tiga kilogram.

Ditambahkan Joko, daging sapi dan kerbau tersebut dari Palangka Raya tiba di kantor Bulog Sampit di Jalan HM Arsyad pada Selasa siang. Namun karena kekurangan lemari pendingin, hanya sebagian dibongkar dan disimpan, sedangkan sisanya dibongkar Rabu pagi, usai truk pengangkut daging itu kembali dari Pangkalan Bun.

“Kualitas dan kehalalan daging yang dijual Bulog terjamin karena sudah melalui serangkaian pemeriksaan ketat. Karena itu kami meyakinkan masyarakat untuk tidak ragu membeli daging beku ini,” tandasnya.

Selain itu, terangnya, masyarakat juga tidak perlu ragu membeli daging kerbau karena tekstur dan rasanya juga hampir sama dengan daging sapi. Bahkan untuk masakan tertentu seperti rendang, daging kerbau lebih bagus karena teksturnya padat dan tidak mudah hancur saat dimasak.

Keberadaan daging murah tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban biaya masyarakat yang ingin mengonsumsi daging, dan diharapkan bisa membuat harga daging di pasaran turun. c-arb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here