Warga Diminta Waspada Penyakit ISPA

162
ISPA
Ilustrasi

BUNTOK/tabengan.com – Masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) diminta waspada terhadap wabah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Hal itu diminta mengingat tidak lama lagi akan memasuki perubahan musim dari penghujan ke musim kemarau.

“Informasi terbaru dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pusat, agar masyarakat waspada terhadap wabah virus ISPA yang sering menyerang saluran pernapasan utamnya bagian tenggorokan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Barsel drg Daryomo Sukistio, Selasa (6/6).

Dikatakan dia, penyakit ISPA ini seperti terkena flu atau filek biasa, batuk demam disertai dengan panas badan. Selanjutnya akan terjadi radang tenggorokan dan mengakibatkan penderitanya akan kehilangan suara.

Karena itu dia mengimbau bagi warga yang merasa ada gejala penyakit ISPA tersebut, hendaknya segera melakukan pemeriksaan kesehatannya ke rumah sakit atau ke puskesmas.

Menurut dia, sejauh ini penyakit seperti ISPA memang tidak sampai mematikan, namun terkadang pita suara si penderita bisa hilang dan kondisi itu bisa berlangsung hingga lebih dari dua pekan.

Jika warga yang terkena penyakit tersebut tidak segera mencegah atau diobati, di khawatirkan virus akan menulular ke warga yang lainnya, utamanya keluarga terdekat. Terlebih lagi pita suara dapat mengalami kerusakan hingga suaranya hilang selamanya.

Daryomo menegaskan, tidak ada alasan yang namanya sakit, suka tidak suka harus diobati dan semua penyakit jangan dianggap sepele. Terlebih saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa.

Dia juga menyarankan kepada umat musil yang sedang berpuasa, ketika waktu berbuka puasa hendaknya jangan langsung mengkonsusi minuman dingin, apa lagi air es. Perbanyak mengkonsumsi jenis buah buahan karena banyak mengandung serat dan mengandung berbagai vitamin yang sangat berguna untuk menjaga kebugaran dan kesatan tubuh. c-lis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here