Musim Banjir,Warga Diminta Waspada Instalasi Listrik

2037
Ilustrasi listrik
Ilustrasi

BUNTOK/tabengan.com – Sejak beberapa hari terakhir, sejumlah desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengalami banjir. Banjir ini merupakan air kiriman dari daerah Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara.

Dengan adanya banjir kiriman ini, maka pihak PT PLN mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat setempat yang rumahnya terendam banjir untuk mewaspadai instalasi listrik.

“Kami menghimbau kepada masyarakat Barsel yang rumah terendam banjir untuk waspada terhadap instalasi listrik di rumahnya,” imbau Manajer PT PLN Rayon Buntok, Kusmanto kepada Tabengan beberapa waktu lalu.

Kusmanto mengatakan, saat terjadi banjir menggenangi perumahan warga maka salah satu hal yang harus diperhatikan adalah aliran listrik. Dimana air merupakan penghantar yang bila tersentuh aliran listrik akan berpotensi membahayakan manusia juga potensi terjadi hubung singkat arus listrik atau korsleting.

Hal berikutnya kata dia, saat air mulai menggenangi rumah, antara lain posisi stop kontak listrik, kabel rol atau kabel ekstension yang berada di bawah atau dekat dengan lantai yang berpotensi terendam air segera diamankan.

Kemudian mematikan peralatan listrik dan alat elektronik yang berada dekat dengan lantai dengan memindahkan ke posisi yang lebih aman, terlebih bila stop kontak sudah mulai tergenang air.

Terakhir Kusmanto mengingatkan untuk matikan aliran listrik melalui MCB yang ada di KWH. Serta perhatikan kondisi mesin air atau jet pump bilaman sudah nyaris terendam air cepat dicabut kabel listrik dari stop kontak.c-dan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here