Jaring Aspirasi, Dewan Gelar Reses

2705
Reses anggota DPRD Bartim ke Desa Jawetan
Reses anggota DPRD Bartim ke Desa Jawetan

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Kesempatan jadwal kunjungan kerja perorangan atau reses tidak disia-siakan anggota DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim). Selain diisi penjaringan aspirasi masyarakat terhadap pembangunan di masa mendatang, reses juga diisi dengan kegiatan silaturahmi dengan menyapa dan bertemu warga di daerah pemilihan asal.

Anggota DPRD Bartim Gomelson L Bayan saat kunker ke Desa Jaweten, Kamis (1/6) mengatakan, kedatangannya ke desa tersebut semata adalah menjaring aspirasi maayarakat mengenai rencana pembangunan tahun 2018 dalam upaya memajukan desa, yang merupakan bagian dari ujung tombak pemerintahan.

“Karenanya melalui reses ini, apa saja persoalan yang ada di desa dapat disampaikan secara langsung oleh warga kepada kami selaku wakil rakyat yang dipercaya menduduki kursi parlemen,” ungkat Gomelson di Tamiang Layang, Jumat (2/6) siang.

Dijelaskan, dalam menjaring aspirasi, ada banyak hal penting yang ingin ditanyakan kepada masyarakat, di antaranya masalah pemilihan kepala desa serentak, masalah Dana Desa (DD) serta Anggaran Dana Desa (ADD). Juga pengelolaan jalan eks-Pertamina sepanjang kawasan lintasan desa.

Menurut Gomelson, dari hasil dialog dan tanya jawab dengan masyarakat seputar ketiga permasalahan tersebut, salah satunya masih bermasalah. Yakni menjelang Pilkades, Dana Desa dan Anggaran Dana Desa yang sudah memasuki semester 1 hingga kini belum ada tanda-tanda dicairkan. Padahal, kata Gomelson, Pilkades serentak sudah tinggal menghitung hari.

Untuk menyikapai hal itu, DPRD secara kelembagaan dalam waktu dekat segera mengagendakan rapat Banmus untuk memanggil Pemkab melalui dinas teknis terkait guna menanyakan sejauhmana kesiapan pemerintah dalam pelaksanaan Pilkades serentak yang akan diikuti 87 desa. c-yus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here