Bupati Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir

2288
Bantuan bupati Barut untuk korban banjir
Bantuan bupati Barut untuk korban banjir

MUARA TEWEH/tabengan.com – Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) menyebabkan air Sungai Barito meluap, dan menggenangi sejumlah desa di dataran rendah, khususnya di pinggiran Sungai Barito.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Kepala Dinas Sosial dan PMD Sugianto Panala Putra, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HM Taufik, Kepala Dinas Kesehatan H Robansyah, dan Camat Lahei Rayadi melakukan pemantauan banjir, sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban banjir, Jumat (2/6).

“Berdasarkan laporan dari Camat, di Kelurahan Lahei I ada lebih kurang 400 rumah yang terkena dampak banjir dan yang sudah terdata sekitar 275 KK. Bagi warga yang terkena dampak banjir ini nantinya akan diberikan bantuan sembako untuk membantu kebutuhan pangan mereka,” kata Nadalsyah.

Pada kesempatan itu Nadalsyah menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati, menginggat debit air terus menerus naik dan akan menambah genangan pada titik-titik rendah yang rawan banjir. “Masyarakat agar waspada apalagi ada anak-anak, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Barut H Robansyah menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan dan membentuk posko ke seluruh puskesmas di Kabupaten Barut untuk melakukan kooridinasi dengan tim kecamatan.

“Kita mengharapkan dengan adanya upaya-upaya ini bisa meminimalisir hal-hal yang mungkin terjadi dengan dampak banjir ini terutama dengan kesehatan. Dan, kuncinya tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, minum air yang sudah dimasak, pakaian basah jangan dibiarkan kering di badan, kemudian asupan makanan yang bergizi untuk daya tahan tubuh,” kata H Robansyah.

Dalam kunjungannya, Bupati Nadalsyah meminta Kepala Dinas Sosial dan PMD dan Kepala BPBD serta Camat untuk segera melakukan penanganan dengan mempersiapkan tenda-tenda darurat serta tempat-tempat penampungan evakuasi apabila kondisi dinyatakan darurat, serta segera melakukan koordinasi antara RT, RW, Lurah, Camat serta lembaga-lembaga lainnya yang menangani bencana banjir.

Sebelumnya, pada Kamis (1/6) kemarin, Bupati Barito Utara H Nadalsyah melakukan pemantauan banjir di RT 5, 6 dan 7 Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru. Ia juga sekaligus menyerahkan bantuan sembako kepada warga di Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru yang terendam banjir. c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here