Kapolda: Pancasila Titik Temu Semua Perbedaan

264
Peringatan hari lahir Pancasila di Palangka Raya
Peringatan hari lahir Pancasila di Palangka Raya

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah memprakarsai peringatan bersama Hari Kelahiran Pancasila, di Tugu Soekarno Kota Palangka Raya. Acara ini dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai suku, agama dan status sosial, Kamis (1/6) sore.

Turut hadir Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail, Danrem 102/Pjg Kolonel (Arm) Naudi Nurdika, Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang, sejumlah pejabat pemerintah dan swasta serta tokoh masyarakat, tokoh agama, serta ormas di Palangka Raya.

Kapolda Kalteng Brigjen (Pol) Anang Revandoko dalam sambutannya mengungkapkan, momen dari Hari Kelahiran Pancasila ialah momen untuk bersama memupuk dan memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan bagi masyarakat Kalteng dan Indonesia pada umumnya.

Pancasila adalah titik temu dari semua perbedaan, sehingga berhasil mempersatukan Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, ratusan suku, bangsa dan agama yang berbeda namun dapat tetap bersatu.

“Pancasila benar-benar terwujud di Bumi Tambun Bungai sebagai Bumi Pancasila dengan Falsafah Huma Betang,” kata Anang.

Anang juga mengungkapkan bahwa masyarakat harus waspada terhadap faham yang bertentangan dengan Pancasila, dan masyarakat semua tahu bahwa Pancasila ialah perekat bangsa yang tidak bisa ditoleransi dan jika belajar tentang persatuan dan belajar tentang kebangsaan maka dapat belajar di Kalteng dengan filosofi Huma Betang.

“Masyarakat semua tahu, Pancasila adalah perekat semua bangsa yang tidak bisa ditoleransi dan jika belajar tentang kebangsaan dan persatuan maka dapat belajar di Kalteng dengan filosofi Huma Betang sebagai Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila” ucap Anang.

Sementara itu, Wagub Kalteng Habib Said Ismail mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran Polda Kalteng dalam memperkuat kesatuan di Kalteng bertepatan dengan peringatan Hari Kelahiran Pancasila.

Menurut dia apa yang dilakukan Polda Kalteng adalah sesuatu yang luar biasa, sebab berhasil mengumpulkan masyarakat berbagai latar belakang yang berbeda untuk berkumpul bersama di Tugu Soekarno memperingati Hari Kelahiran Pancasila, dalam memberikan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Kalteng.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran Polda Kalteng dan semua pihak yang telah bekerja sama dalam acara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, dimana masyarakat Kalteng bersatu di Tugu Soekarno,” ucap Habib. udi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here