Dukung KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

2780
Ahmad Yantenglie
Ahmad Yantenglie

KASONGAN/tabengan.com – Bupati Katingan H Ahmad Yantenglie SE mendukung penuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam berbagai Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilu Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilu Kepala Daerah (Pilkada).

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan sambutan pada acara Penyerahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Pilkada Bupati Katingan Tahun 2018 dan penandatanganan MoU Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kaleka Penyang Demokrasi KPU Kabupaten Katingan dengan Pemkab Katingan, di Aula KPU setempat, Rabu (31/5) lalu.

Diketahui, partisipasi pemilih di Kabupaten Katingan hanya sekitar 60 persen, Bupati berharap bisa ditingkatkan menjadi 70 persen, bahkan lebih. Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, salah satunya adalah dengan mendirikan Rumah Pintar Pemilih (RPP) di kantor KPU Kabupaten Katingan.

Pada intinya, menurut Bupati, sangat tepat kalau KPU Kabupaten Katingan mendirikan RPP dimaksud. Sehingga, siapapun, termasuk juga pemilih pemula yang belum mengetahui tentang bagaimana cara memberikan suara dalam pemilu, bisa datang langsung ke KPU setempat.

“Sebab, di RPP ini petugas siap untuk memberikan pelayanan tentang bagaimana cara memilih. Bahkan, di RPP ini, masyarakat terutama yang sudah memiliki hak sebagai pemilih, dipersilahkan untuk membuka-buka buku tentang berbagai pemilu di tanah air kita,” terangnya.

Dengan dibukanya RPP di Katingan ini, dirinya berharap pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Katingan di tahun 2018 mendatang bisa lancar dan sukses sebagaimana yang diharapkan bersama.
RPP bagi Bupati, merupakan sebagai salah satu sarana pendukung bagi kesuksesan Pilkada di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Selanjutnya, dengan keberadaan RPP ini pula, dirinya berharap kepada masyarakat Katingan agar memanfaatkannya dengan benar. Karena, RPP ini memberikan pemahaman tentang pendidikan politik dengan harapan bisa meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada mendatang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Katingan Ahmad Muntu SH dan kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Katingan Drs Robby M AP, Kapolres Katingan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Katingan serta Pabung.c-dar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here