Dinkes Imbau Warga Jeli Membeli Jajanan Ramadan

135
Ilustrasi jajan pasar ramadan
Ilustrasi

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, mengimbau warga kota jeli dan teliti saat membeli jajanan ataupun menu berbuka puasa sehingga terhindar dari takjil yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan.

“Bagi warga akan membeli menu berbuka puasa dengan membeli jajanan di luar hendaknya lebih jeli. Secara kasat mata waspadai makanan dengan warna mencolok,” kata Plt Kadinkes Kota, Andjar Hari P di Palangka Raya, kemarin.

Guna semakin memastikan keamanan pangan yang disajikan pedagang, masyarakat juga diminta tidak sungkan menanyakan kepada penjual terkait bahan yang digunakan serta waktu pembuatan makanan.

Masyarakat juga dapat mencari informasi di internet mengenai kandungan berbahaya yang dicampurkan dalam makanan, dan ciri-ciri serta cara mendeteksinya.

Potensi penggunaan bahan berbahaya pada pangan seperti pengawet dan pewarna juga meningkat seiring semakin banyaknya penjual dan berbagai menu untuk berbuka puasa selama Ramadhan.

Apalagi, tambahnya, sejumlah menu berbuka selama Ramadan yang dijual pedagang merupakan makanan basah sehingga penyimpanannya pun tak akan tahan lama.

Penggunaan bahan berbahaya pada makanan dapat berdampak pada munculnya gangguan kesehatan seperti mual, diare hingga yang terparah tumor dan kanker.

Meski hingga kini belum ditemukan adanya takjil yang mengandung bahan berbahaya, masyarakat tetap diimbau berhati-hati dan jeli dalam membeli aneka menu berbuka tersebut.

“Warga untuk berhati-hati dalam membeli jajanan buka puasa dan begitu juga bagi para pedagang agar mencari keberkahan dan bukan keuntungan semata,” katanya. ant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here