Pemudik Mulai Serbu Tiket Kapal

2016
Loket penjualan tiket PT Pelni Sampit
Loket penjualan tiket PT Pelni Sampit

SAMPIT/tabengan.com – Ratusan calon pemudik asal Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah mulai memadati kantor PT Pelni Cabang Sampit, Selasa (29/5). Para pemudik ini ramai-ramai berjejal di muka loket memesan tiket kapal tujuan Sampit-Semarang, Sampit-Surabaya untuk keperluan mudik Lebaran nanti.

Bahkan, PT Pelni telah menginformasikan untuk jadwal kapal tujuan Sampit-Semarang tanggal 19, 20 dan 22 Juni sudah habis terjual. Untuk harga tiket PT Pelni, tarif ekonomi tujuan Sampit-Surabaya dewasa dibanderol Rp 190.500 untuk kelas ekonomi, anak Rp 146.500 dan bayi Rp 24 ribu. Kemudian untuk tujuan Sampit- Semarang tarif ekonomi dewasa Rp 205.500, anak Rp 157.500 dan bayi Rp 25.500.

Salah satu calon pemudik, Saman (50), warga Kecamatan Baamang mengaku sudah mengantre sejak pagi namun sampai siang belum mendapatkan tiket. Ia mengaku ingin lebih awal membeli tiket supaya tidak kehabisan.

“Saya memang ingin membeli lebih awal, takut kehabisan. Tapi ini saya belum dapat semoga masih ada,” ujarnya kepada Tabengan, Selasa (29/5).

Sementara itu untuk kondisi di Kantor PT Dharma Lautan Utama Cabang Sampit belum terjadi lonjakan pembelian tiket. Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama, Hendrik Sugiarto mengungkapkan, lonjakan pembelian tiket biasanya akan terjadi pada H-10 Lebaran nanti.

Ia memprediksi untuk tahun ini jumlah pembeli tiket menurun apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini berdasarkan evaluasi pihaknya yang memprediksi terjadi penurunan jumlah penumpang.

“Ini kami lihat dari evaluasi kami, kemungkinan tahun ini terjadi penurunan jumlah penumpang dikarenakan banyaknya calon penumpang yang dari perkebunan sawit banyak berhenti bekerja,” ungkapnya, Selasa.

Kemungkinan penurunan jumlah penumpang ini, lanjutnya, diperkirakan sampai 10 persen dari jumlah tahun lalu. Meski demikian, pihaknya tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon penumpang ketika hendak mudik nanti. c-may

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here