Bupati Himbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrim

2383
Arton S Dohong
Arton S Dohong

KUALA KURUN/tabengan.com – Bupati Gunung Mas (Gumas) Arton S Dohong mengingatkan masyarakat untuk selalu mewaspadai terhadap bencana banjir, mengingat saat ini cuaca ekstrim berupa hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi di Kabupaten Gumas.

“Iklim kita sangat ekstrim. Banjir dimana-mana. Kita juga punya tanggungjawab dan tak henti-hentinya mengingatkan saudara-saudara kita yang berada di daerah-daerah yang rawan banjir agar selalu siap dan berjaga-jaga,” pesannya saat memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ke 60, di halaman Kantor Bupati, Selasa (23/5) lalu.

Biasanya, bencana banjir juga diiringi dengan beberapa penyakit seperti diare, muntaber, dan lainnya. Oleh sebab itu, masyarakat hendaknya selalu berhati-hati menjaga kesehatan agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gumas HM Rusdi menyampaikan, hujan diperkirakan masih akan terjadi selama beberapa waktu kedepan. Berdasarkan analisa dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Gumas hingga pertengahan Juni mendatang.

BPBD Gumas akan terus melakukan pemantauan terhadap wilayah-wilayah yang terkena banjir dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan.

Ia mengingatkan kepada Pemerintah Desa/Kelurahan untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan BPBD Gumas jika terjadi bencana, baik banjir maupun longsor.c-gcm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here