Dikelola Sederhana, Pasar Ramadan Tetap Diserbu Masyarakat

2491
Pasar ramadan di Katingan
Pasar ramadan di Katingan

KASONGAN/tabengan.com – Kendati dikelola secara sederhana, namun pasar ramadan yang dibangun di depan halaman Pasar Revolusi, jalan Revolusi, Kecamatan Katingan Hilir ini terbilang sukses. Pasalnya, begitu dibuka pada awal puasa 1 Ramadan 1438 Hijriah, Sabtu (27/5) lalu, sekitar pukul 16.00 WIB, langsung diserbu ratusan warga Kasongan.

Suksesnya pasar ramadan 1438 Hijriah yang bertepatan dengan tahun 2017 ini tidak terlepas dari kinerja dan ide (gagasan) serta kerjasama antara kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Katingan Drs H Saptul Anwar dengan ketua Pasar Kasongan, Aris Munandar.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian setempat, H Saptul, dalam membuat sesuatu gagasan yang penting ikhlas. Maksudnya, ikhlas dalam bekerja. Apalagi yang dikerjakan untuk kebaikan semua.

“Saat orang membutuhkan menu untuk berbuka puasa, para pedagang kue dan makanan siap untuk berdagang. Kemudian, kita yang menyediakan tempatnya,” terang Saptul, seraya berharap kesuksesan ini berlanjut sampai akhir bulan ramadan 1438 Hijriah.

Sementara, Mita, salah seorang pedagang kue yang ikut berjualan di Pasar Ramadhan tersebut mengaku senang dibuatkan lokasi khusus berjualan berbagai jenis kue dan makanan dimaksud.

“Karena, orang sudah tahu kalau Pasar Ramadhan di sini tempatnya, langsung menuju. Tapi kalau di muka rumah kita, meskipun berada di jalan protokol, namun tidak semua orang tahu,” aku Mita.

Mama Abay , pengunjug (pembeli), mengaku senang berbelanja kue dan makanan yang tersedia di pasar ramadan. Karena berbagai jenis kue tersedia, dari roti pisang, putu mayang, serabi, lupis, onde-onde hingga kue tart. Begitu pula menu masakan siap saji, dari ikan sambel karih, masak merah, sop-sopan hingga gulai kambing.

“Intinya, hanya di pasar ramadan ini saja menu, jajanan dan kue selengkap ramadan. Kalau tidak bulan ramadan, hampir tak ada kue dan menu seperti yang dijual saat ini,” akunya.

Aris, selaku ketua Pasar Kasongan, yang telah berpartisipasi membangun pasar ramadan yang digelar pada tahun ini, dalam pengakuannya hanya memenuhi keinginan masyarakat Kasongan dan sekitarnya, khususnya keinginan para pedagang kue dan makanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya bagi yang menjalankan ibadah puasa.

“Agar masyaraat Katingan yang ingin mencari kue bingka, roti pisang, urap-urapan, sayur dan makanan siap saji untuk berbuka puasa atau hanya ingin membuka liur bisa langsung ke pasar ramadan ini,” katanya.c-dar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here