Polisi Bekuk 6 Tersangka Curas

373
Tersangka Curas di Kapuas
Tersangka Curas di Kapuas

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Polres Kapuas berhasil membekuk 6 orang tersangka tindak pidana, yaitu 3 tersangka kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) dan 3 tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Aksi kejahatan curat terjadi di kediaman Yanti (20), pemilik Toko Tiga Putra di Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas. Ketiga tersangka, Basrani (39), Mulyadi (29), Abdul Aziz (40) berasal dari Kalsel.

Sebelum beraksi, salah satu tersangka lebih dulu memantau dan mengintai calon korbannya.”Kemudian melakukan koordinasi, rapat kecil atau rencana pengaturan strategi,” kata Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar, saat ekspos pengungkapan kasus tersebut, Jumat (26/5).

Selanjutnya, setelah dirasa matang ketiga tersangka berangkat mengendarai mobil menuju sasaran. Peristiwa itu terjadi pada 7 April 2017 sekitar pukul 04.00 WIB.

Tersangka masuk dengan mencongkel pintu toko menggunakan potongan kayu balok, sembari membuka kunci dalam. Selanjutnya komplotan ini membekap Norsiah, penjaga took sembari diancam dengan balok. Sementara 2 tersangka lainnya masuk dan mendobrak kamar pemilik toko seraya mengancam dengan pisau. Selanjutnya dengan leluasa para begal ini mengambil uang tunai Rp60 juta, yang disimpan di kamar pemilik toko, kemudian kabur.

“Seusai merampok, para tersangka membagi uang tersebut masing-masing mendapat Rp20 juta.. Namun nahas, dalam mobil yang dikendarai dalam perjalanan mengalami kecelakaan, menabrak pembatas jalan. Ketiga tersangka keluar dari mobil dan lari menyelamatkan diri masing-masing,”kata Sachroni.

Setelah sekian lama melakukan penyelidikan, polisi berhasil mengendus para tersangka dan kemudian membekuknya.

Sementara untuk pengungkapan kasus curanmor berawal dari penangkapan terhadap Juanda Safutra (28) warga Sei Tatas Kecamatan Pulau Petak, pada saat beraksi mengambil sepeda motor yang parkir di tepi jalan lintas Kuala Kapuas-Mandomai Desa Sei Kayu, Kecamatan Kapuas Barat pada 12 Juli 2017 pukul 05.00 WIB.

Setelah melakukan pengintaian sesaat, Juanda bergerak cepat mengambil motor Karisma nopol KH 3268 B di tepi jalan tersebut. Sementara Hendrik (52) pemilik motor curiga motornya tidak ada lagi di tempat. Sadar telah dicuri, Hendrik segera melapor ke Polsek setempat.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menangkap Juanda dan melakukan pengembangan. Akhirnya didapat nama 2 orang lagi anggota komplotan ini. Polisi pun berhasil menangkap Hasan Basri dan Salafudin. Barang bukti diamankan yaitu 3 unit sepeda motor, kunci T, mobil yang digunakan tersangka curat.

Keenam tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukuman 12 tahun penjara.c-hr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here