Sejumlah Desa di Rungan Hulu Terendam Banjir

2314
Banjir di Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas
Banjir di Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas

KUALA KURUN/tabengan.com – Sejumlah desa di Kecamatan Rungan Hulu terendam banjir sejak, Rabu (24/5) lalu hingga saat ini, sehingga menyebabkan arus transportasi di beberapa titik menjadi terhambat.

Kapolres Gunung Mas (Gumas) AKBP Ardiansyah Daulay SIK melalui Kapolsek Rungan Ipda Marolop Purba mengatakan, berdasarkan pantauannya, sejumlah wilayah Kecamatan Rungan Hulu yang terendam banjir berada di Jalan Lintas antar Kecamatan tepatnya di Desa Jangkit menuju Kelurahan Tumbang Rahuyan.

“Hingga kini air masih belum surut,” terangnya saat dihubungi wartawan, Jumat (26/5) siang.

Banjir disebabkan oleh tingginya curah hujan di wilayah sekitar Kecamatan Rungan Hulu serta meluapnya anak sungai Rungan. Ada sekitar lima titik ruas jalan antar Kecamatan di wilayah Kecamatan Rungan Hulu yang terendam banjir.

Hal ini menyebabkan arus transportasi kendaraan bermotor menjadi terhambat. Untuk kendaraan roda empat, dipastikan tidak bisa melintas di jalan tersebut. Sedangkan untuk roda dua harus menggunakan rakit jika ingin melintas di titik yang banjir.

Pada kesempatan ini ia juga mengajak warga sekitar untuk selalu menjaga lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah ke sungai atau selokan guna mencegah terjadinya penyumbatan oleh sampah, baik di sungai maupun di selokan.

”Kami akan selalu memantau dan waspada jika ada hujan dengan intensitas deras dan lama. Sebab, terdapat beberapa titik rawan terjadi banjir atau mendapat banjir kiriman dari daerah atas,” tandasnya.c-gcm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here