Bupati Perempuan Pertama Dilantik

948
Pelantikan Bupati perempuan pertama di Kalteng
Pelantikan Bupati perempuan pertama di Kalteng

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ada yang istimewa dari pelantikan bupati-wakil bupati terpilih di Kalimantan Tengah (Kalteng) kali ini. Nurhidayah, perempuan pertama yang memenangi pilkada langsung resmi dilantik sebagai Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di Istana Isen Mulang, Senin (22/5).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melantik Nurhidayah bersama Wakil Bupati Ahmadi Riansyah. Dalam acara yang sama, juga dilantik Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri dan Satya Titiek Atyani Djoedir.

Dalam sambutannya, Sugianto meminta bupati dan wakil bupati yang baru dilantik untuk segera menginventarisasi permasalahan di kabupaten masing-masing.

Ia juga berharap agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) digunakan untuk pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, perekonomian secara luas. Tidak hanya itu, penyerapan anggaran juga harus menjadi perhatian, serta opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga harus dipertahankan.

Tak kalah penting, ujar Sugianto, meski opini WTP dapat dipertahankan, tetapi di dalamnya jangan sampai ada pungutan liar (pungli) dan korupsi. Sehingga, dia meminta dilaksanakan Tim Saber Pungli di kabupaten/kota. “Agar anggaran yang ada aman dari pungli dan korupsi,” tegasnya.

Dia juga mengingatkan para bupati dan wakil bupati yang baru dilantik untuk menjaga keharmonisan dalam membangun Provinsi Kalteng. Ia juga berkomitmen menjaga toleransi suku, agama, ras yang ada di Kalteng. “Itu harga mati untuk membangun Kalteng dengan lebih baik,” ujar Sugianto.

Gubernur Kalteng juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung kesuksesan Pilkada serentak 2017 di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Barito Selatan.

“Bahkan kita patut bangga bahwa Barito Selatan termasuk dari 4 daerah di Indonesia yang mendapatkan piagam penghargaan, apresiasi terbaik fasilitasi pilkasa serentak 2017 dari Menteri Dalam Negeri,” ujarnya.

Acara pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR dan DPD dari daerah pemilihan Kalteng, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pelaksana pilkada, DPRD, Organisasi Perangkat Daerah, tokoh masyarakat, dan juga keluarga bupati dan wakil bupati terpilih. dkw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here