Banjir Rendam 5 Kecamatan di Gumas

2623
Banjir yang melanda Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun
Banjir yang melanda Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun

KUALA KURUN/tabengan.com – Sejumlah wilayah di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) terendam banjir pada Senin (22/5). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gumas telah menerima laporan dari berbagai daerah yang tergenang banjir.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, ada beberapa Kecamatan yang terkena banjir yakni Kecamatan Tewah, Kurun, Manuhing Raya, Rungan Hulu, dan Sepang,” terang Kepala BPBD Gumas HM Rusdi saat dibincangi wartawan, di ruang kerjanya, Senin (22/5) siang.

Banjir terjadi karena luapan air sungai maupun karena tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Gumas akhir-akhir ini dan sifatnya banjir lewat. Sejauh ini, pihaknya belum menerima adanya laporan korban jiwa terkait banjir ini.

Walau demikian, ia meminta masyarakat untuk selalu berhati-hati, mengingat hujan diperkirakan masih akan terjadi selama beberapa waktu kedepan. Berdasarkan analisa dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Gumas hingga pertengahan Juni mendatang.

BPBD Gumas akan terus melakukan pemantauan terhadap wilayah-wilayah yang terkena banjir dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan. Ia mengingatkan kepada Pemerintah Desa/Kelurahan untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan BPBD Gumas jika terjadi bencana baik banjir maupun longsor.

Terkait bantuan, pihaknya terus mengupayakan agar korban banjir mendapat bantuan. “Kita melihat tingkat kerugian masyarakat, sehingga bisa jadi acuan atau dasar kita untuk mengajukan usul bantuan. Nanti kita juga sampaikan kepada Pak Bupati. Kalau toh Pemerintah Daerah memerlukan bantuan dari Provinsi, kita akan sampaikan ke Provinsi, bahkan sampai ke BNPB,” tandasnya.c-gcm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here