99 Persen Incumbent Mendaftar Ke Partai NasDem

1517
Jumpa pers DPW Partai NasDem
Jumpa pers DPW Partai NasDem

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Partai NasDem Kalimantan Tengah secara resmi membuka, dan melakukan penjaringan terhadap sejumlah bakal calon yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah tahun 2018 mendatang. 11 kabupaten/kota yang melaksanakan pemilihan kepala daerah, hampir seluruh kepala daerah aktif atau incumbet mendaftar ke Partai NasDem.

Mulai dari Sudarsono, dan Yulhaidir untuk wilayah Seruyan, dilanjutkan dengan Sakarias di Kabupaten Katingan, ada pula Ampera YM Ebas untuk wilayah Kabupaten Barito Timur. Selanjutnya Ben Brahim S Bahat, dan Muhajirin untuk Kabupaten Kapuas, Edy Pratowo untuk Kabupaten Pulang Pisau, termasuk Perdie M Yoseph untuk wilayah Kabupaten Murung Raya. Ini merupakan beberapa incumbent yang secara resmi mendaftar dan mengikuti tahapan yang dilaksanakan Partai NasDem.

Tim Penjaringan yang dipimpin Ketua DPW Partai NasDem Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh, bersama Ketua Bapilu DPW Partai NasDem Kalteng, Ujang Iskandar, dan Perwakilan DPP Partai NasDem, Hamdani, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para bakal calon yang sudah mendaftar di Partai NasDem. Dikatakan Farida, secara keseluruhan, ada 119 balon yang mendaftar ke Partai NasDem.

Dari itu semua, kata dia, yang mengikuti tahapan lanjutan berjumlah 81 orang. Beberapa diantaranya ada yang mengundurkan diri, ada pula yang tidak melengkapi berkas, serta lebih memilih bergabung untuk menjadi caleg dari Partai NasDem. Dari semua daerah yang ikut pilkada tahun 2018, Partai NasDem memiliki kursi yang duduk di DPRD kabupaten/kota. Sehingga bisa dipastikan, Partai NasDem ambil bagian dan mengusung paslon dalam pilkada itu nantinya.

“Penjaringan yang dilakukan memasuki tahap wawancara, yang dilaksanakan selama 12 hari. Semua yang mendaftar, atau sebanyak 81 balon itu semuanya dipanggil untuk mengikuti tahapan yang ditetapkan. Dari hasil ini nantinya, DPW Partai NasDem akan merekomendasikan minimal 2 nama dan maksimal 3 nama, ke DPP Partai NasDem untuk diseleksi siapa yang akan diusung nantinya,” kata Farida dalam keterangan persnya di Rumah Restorasi Partai NasDem, Jalan Adonis Samad Palangka Raya, Senin (15/5).

Dia katakan, sekarang ini ada tahapan yang wajib dilakukan para balon yang mendafatar, yakni melakukan survey. Hasil survey juga menjadi bahan masukan, untuk disampaikan ke DPP partai NasDem nantinya.

Sementara itu, Perwakilan DPP Partai NasDem, Hamdani, mengatakan penjaringan ini dilakukan dalam upaya untuk memilih putra putri terbaik di Kalteng. Dari hasil penjaringan ini nantinya, akan diketahui dan dipilih siapa sosok yang akan dipilih Partai NasDem untuk diusung. Baik untuk menjadi bupati, ataupun wakil bupati nantinya.

“Kita percaya, setiap yang mendaftar merupakan putra putri terbaik Kalteng. Namun dari itu semua, Partai nasDem tentu akan melakukan penjaringan siapa yang dapat diusung nantinya dalam pilkada di 11 daerah di Kalteng ini. Sebab, Partai NasDem tentu berkeinginan menang dalam semua pilkada merupakan hasil terbaik yang ingin diperoleh,” kata Hamdani.

Ditempat yang sama, Ketua Bapilu Partai NasDem Kalteng, Ujang Iskandar, menyampaikan sekarang ini para balon sedang melaksanakan tahapan survey. Balon dipersilakan untuk melakukan survey sendiri atau melakukan koalisi, demi meringankan biaya survey. Ada sejumlah lembaga survey yang disediakan oleh Partai NasDem. Diantaranya Indo Barometer, Indikator, Charta Politika, Metro, dan SMRC.

“Hasil survey ini disampaikan para balon ke Partai NasDem. Dari hasil survey ini, DPW Partai NasDem Kalteng akan melakukan penjaringan, sehingga akan muncul nama siapa yang akan diusung. DPW Partai NasDem hanya mengajukan 2-3 nama ke DPP Partai NasDem untuk digodok, dan diberikan rekomendasi untuk mendapatkan usungan Partai NasDem nantinya,’ kata Ujang.

“Kita dari Partai NasDem meminta maaf, apabila dari nama-nama yang direkomendasikan itu, ada balon yang namanya tidak masuk dalam nama yang direkomendasikan. Tapi, Partai NasDem membuka pintu selebar-lebarnya, bagi siapa saja yang ingin bergabung di partai NasDem untuk ikut dalam pemilihan legislatif tahuan 2019 mendatang,” lanjut Ujang.

Partai NasDem mengusung semboyan Restorasi Indonesia. Artinya, dalam pilkada di Kalteng khususnya, Partai NasDem ingin membuat perubahan yang signifikant dalam membangun Kalteng.ded

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here