138 Calon Haji Jalani Periksaan Kesehatan

1141
Calon jemaah haji di beri vaksin meningitis
Calon jemaah haji di beri vaksin meningitis

MUARA TEWEH/tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada 138 calon haji (calhaj) regular, di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat (19/5).

Kepala Dinkes Barut H Robansyah, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Junnu mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahap dua. Semenatara pemeriksaan tahap pertama dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, pemberian vaksin meningitis dan pemeriksan usia subur dan pemeriksan kesehatan lainnya.

“Pada intinya pemeriksaan ini bagaimana supaya kita memeta profil kondisi kesehatan calhaj, sehingga bagi petugas kesehatan yang mendampingi keberangkatan sudah memperoleh data mengenai kondisi fisik atau kesehatan para calhaj. Sehingga dapat mempermudah dalam pengawasan,” kata Junnu.

Dijelaskannya, bukan berarti mengkhususkan atau membeda-bedakan pelayanan, paling tidak mereka yang mempunyai resiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau penyakit lainnya bisa diobati.

Selain itu, jelas Junnu, diberikannya imunisasi meningitis ini untuk mencegah penularan antarjamaah serta penularan meningitis kepada keluarga di tanah air. Karena meningitis ditularkan langsung melalui percikan cairan hidung dan tenggorokan pada saat batuk/bersin dari penderita. Penyakit ini menyerang selaput otak (meningen) dan dapat menimbulkan cacat bahkan kematian.

Junnu memberitahukan, dalam pemeriksaan kesehatan, ada dua petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangka Raya untuk memberikan sertifikat kepada calhaj bahwa yang bersangkutan telah diberi vaksin. c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here