Minat Baca Masyarakat Semakin Meningkat

127
Perpustakaan daerah Provinsi Kalteng
Perpustakaan daerah Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Minat baca masyarakat Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tangah (Kalteng) ditahun 2017 ini menunjukkan peningkatan. Hal itu terlihat dari peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan yang tidak hanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Minat baca masyarakat sudah mulai meningkat. Awal tahun ini ibu rumah tangga, karyawan dan peserta didik gemar ke perpustakaan. Tercatat 400 orang lebih setiap hari berkunjung ke perpustakaan,” katanya Kepala Bidang Layanan Teknologi Informasi dan Kerjasama Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng Dra Kuntep Berkat Asi Med.

Ia mengungkapkan minat baca masyarakat meningkat tersebut terlihat dari jumlah pengunjung perpustakaan tiap harinya yang mencapai 400 hingga 450 orang per hari, dengan dominan pengunjung para mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah serta mencari referensi untuk tugas sekolah.

Peningkatan juga terlihat dari pembuatan kartu baru anggota perpustakaan yang setiap harinya ada sedikitnya 50 orang serta jumlah peminjaman buku yang mencapai 200 eksempler setiap harinya.

“Jumlah anggota kita sampai saat ini ada sekitar 17 ribu orang. Jumlah koleksi buku ada sekitar 511.186 eksemlar dengan 106.109 judul. Selain itu yang menarik minat pembaca untuk berkunjung ke perpustakaan adalah Warung Internet yang dibuka gratis untuk anggota perpustakaan,” ucapnya.

Kuntep juga menjelaskan minat baca masyarakat meningkat dipengaruhi beberapa hal, yakni pemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang kemajuan pendidikan dan pembangunan di Provinsi Bumi Tambun Bungai itu.

Menurutnya peningkatan minat baca masyarakat secara pesat itu akibat peran semua pihak, khususnya Sekolah dan pihak terkait yang memberikan perhatian dan penjelasan tentang pentingnya memfaat perpustakaan kepada masyarakat.

“Kita bersyukur setiap tahunnya minat membaca masyarakat Kalteng khususnya Palangka Raya semakin meningkat. Untuk mendukung itu kita juga akan melakukan pembaharuan baik itu dari sarana dan prasarana hingga program pendukung lainnya dalam rangka pelayanan masyarakat,” tutupnya.nta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here