Bupati Galakkan Kembali Budaya Gotong Royong

1316
Peresmian pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong di Kapuas.
Peresmian pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong di Kapuas.

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Puncak Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14, Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 45 dan Hari Keluarga Ke 24 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2017, resmi dimulai, dan pencanangannya diresmikan langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupetan Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH, Selasa (16/5) lalu, di Desa Bangun Harjo, Kecamatan Bataguh.

Adapun tema yang diangkat, yaitu “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa dan sub tema “Melalui Budaya Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Tahun 2017, Kita Teruskan Dan Tingkatkan Pembangunan Desa Dengan Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa Menuju Kemandirian Masyarakat Kabupaten Kapuas yang Maju, Sejahtera dan Mandiri.

Nampak hadir, Forkopimda/mewakili, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas, Kepala BUMN/BUMD, Camat se Kabupaten Kapuas beserta Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Desa di wilayah Kecamatan Bataguh dan Tamban Catur masing-masing beserta Ketua TP PKK Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para undangan.

Bupati Kapuas dalam sambutannya, menghimbau kepada seluruh undangan dan masyarakat yang hadir untuk membudayakan atau menghidupkan kembali budaya gotong royong, karena ungkap dia, dengan bergotong royong akan terjalin hubungan silahturahim antar seluruh warga sehingga menghasilkan pembangunan di segala bidang. “Saya harapkan mari budaya gotong royong ini kita galakkan kembali. Kita dorong untuk kita laksanakan dengan baik di masa ke depannya,”kata Ben Brahim.

Kemudian, dengan adanya peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, ia mengharapkan agar seluruh TP PKK mulai dari Kabupaten secara berjenjang ke tingkat Kecamatan dan Desa, untuk terus bergerak dan bekerja agar masyarakat Kabupaten Kapuas, lebih baik lagi dengan membuat suatu terobosan, inovasi dan kreatifitas sehingga membuahkan hasil bagi masyarakat.
Ia pun mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kabupaten/Kecamatan/Desa, karena selama ini telah berbuat banyak bagi masyarakat. “Mari tetap bersemangat untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya,” ucapnya.

Sementara itu, terkait peringatan Hari Keluarga, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk terus membina hubungan keluarga dengan baik mulai dari tingkat keluarga yang terkecil kemudian sampai ke tingkat yang lebih luas. Ia menekankan intinya adalah bagaimana masyarakat bisa lebih sejahtera ke depannya dan anak-anak terjamin kesehatan serta pendidikannya. “Kita harapkan anak-anak kita ke depannya dapat menjadi harapan keluarga bahkan bangsa dan negara. Karena merekalah nanti menjadi pemimpin bangsa ini,”tekannya.

Ben pun mengharapkan, semua orang tua untuk mendorong anak-anak untuk semangat belajar dan terus melaksanakan kegiatan yang baik agar mereka terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan seperti obat-obatan terlarang, Zenit dan minuman keras.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada pihak keamanan baik TNI/POLRI dan semua pihak agar bersatu padu memerangi narkoba, zenith dan minuman keras. Diakhir sambutannya, Orang Nomor Satu di Kabupaten Kapuas itu berpesan untuk tetap menjaga kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Kapuas. “Kita ikat erat-erat tali silahturahim dan tali persaudaraan kita karena kita semua bersaudara,” ujarnya.

Selain itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat bahwa jalan dari Kolam Kiri ke Kolam Kanan akan dibangun tahun ini. Untuk itu, ia meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk segera memprogramkannya dan memperbaiki juga jembatan-jembatan yang rusak di wilayah tersebut.

Sementara itu dalam sambutan tertulis Ketua Umum TP PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas menyampaikan melalui momentum peringatan HKG PKK diharapkan segenap jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang mempu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi atau percepatan program-program PKK.

Dalam sambutan tertulisnya ia berahap agar jajaran TP PKK tidak terbelenggu pada rutinitas program sehingga tidak pernah beranjak progresnya. “Karena sesungguhnyalah dari 10 Program Pokok PKK itu ada program prioritasnya dan ada pula program unggulannya serta tidak menutup kemungkinan juga ada program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Maka dari itu, ia menghimbau agar dalam pelaksanaan program-program PKK sedapat mungkin mengurangi program yang bersifat serimonial belaka dan sudah saatnya TP PKK dapat mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya.c-hr/hmskmf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here