Selama Ramadhan, PMI Kotim Buka Posko Malam Hari

547
Stok darah PMI Sampit
Stok darah PMI Sampit

SAMPIT/tabengan.com – Mengantisipasi kekurangan stok darah, khususnya pada bulan Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kotim rencananya akan membuka posko pelayanan pada malam hari. Kepala Markas PMI Kotim, M Yusuf mengungkapkan, saat bulan Ramadhan memang biasanya warga yang melakukan donor darah pada siang hari berkurang.

“Pelayanan donor darah tetap kita lakukan pada bulan Ramadhan, dan pada malam hari selama Ramadhan kita juga tetap melayani, yaitu antara pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB,” terang M Yusuf saat dikonfirmasi Tabengan, Senin (15/5).

Disampaikannya, untuk posko pelayanan donor darah selama Ramadhan ini tetap dilakukan di Markas PMI Kotim, Jalan Ahmad Yani Sampit. “Kita berharap stok darah yang kita miliki tetap mampu memenuhi kebutuhan darah selama Ramadhan, baik permintaan dari rumah sakit maupun masyarakat,” tandasnya.

Saat ini, terangnya, stok darah di PMI Kotim masih aman. Selama Bulai Mei 2017 ini cukup banyak kegiatan darah massal, baik yang dilakukan oleh warga di Kota Sampit maupun di luar kota, seperti di kawasan perkebunan kelapa sawit. “Untuk stok darah, yang paling banyak dalah golongan B dan O,” jelasnya.

Menurutnya, selama Ramadhan, biasanya umat Muslim jarang melakukan donor darah pada siang hari, sehingga mereke membuka posko pada malam hari setelah berbuka puasa. Sedangkan menghadapi arus mudik lebaran tahun ini, lanjutnya, pihaknya juga akan membuka posko.

Sementara itu untuk mengantisipasi kekurangan stok darah, khususnya terhadap golongan darah yang sedikit pendonornya, PMI Kotim sudah memiliki daftar warga yang rutin melakukan donor darah. “Biasanya kita menghubungi pendonor di daftar yang kita miliki. Umumnya setelah donor darah, tiga bulan setelahnya baru mereka melakukan donor darah lagi,” tandasnya. c-arb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here