Aparatur Desa Wakib Kelola Keuangan Sebaik Mungkin

1116
EDY PRATOWO
EDY PRATOWO

PULANG PISAU/tabengan.com – Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengimbau kepada seluruh aparatur desa untuk mengelola keuangan desa sebaik mungkin, agar semua program dapat berjalan sesuai harapan. Namun tentunya dalam pengelolaan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut Bupati besarnya anggaran desa menjadi tantangan bagi pemerintah desa untuk memajukan masyarakat. Ia menilai pelatihan-pelatihan dan bimbingan sangat penting dilaksanakan bagi seluruh perangkat desa terkait pengelolaan keuangan desa. Dengan begitu, diharapkan penggunaan anggaran bisa dipertanggungjawabkan sesuai pemakaiannya secara terperinci dan baik, untuk program-program pembangunan desa.

“Tanggung jawab yang diberikan ke desa cukup besar. Itu menjadi suatu anugerah namun di sisi lain merupakan tantangan, yakni terkait keuangan yang harus transparan, akuntabel dan membutuhkan kerjasama semua pihak supaya mengena langsung pencapaian untuk masyarakat desa,” kata Edy, belum lama tadi.

Demikian juga penyaluran dana desa, masih memerlukan pembenahan khususunya untuk aplikasi pengelolaannya. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPKP, dan beberapa pihak terkait lainnya, terkait untuk memberikan dukungan dalam rangka membantu tugas operasional kades. Menurutnya sistem pengelolaan keuangan ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pemerintah daerah juga membentuk Tim Monitoring Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa agar proses penyelengagaran berjalan dengan baik,” pungkasnya. c-mye

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here