Perekaman e-KTP Terkendala Pemadaman Listrik

362
Nyamei Tumbai
Nyamei Tumbai

BUNTOK/tabengan.com – Ribuan warga di Barito Selatan (Barsel) sampai sekarang ini masih belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Karena itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat terus berusaha jemput bola melakukan perekaman e-KTP hingga ke pelosok desa wilayah setempat.

Namun usaha yang dilakukan Disdukcapil tersebut tidak akan terlaksana dengan baik bila perangkat dan fasilitas penunjang tidak tersedia. Selama ini pembuatan e-KTP sangat terkendala listrik dari PLN, terutama ketika melakuan perekaman.

Hal ini diakui Kepala Disdukcapil Nyamei Tubai kepada Tabengan saat berkunjung ke ruang kerjanya, akhir pekan kemarin. Dimana selama proses perekaman e-KTP diperlukan listrik. Sedangkan bila listrik terganggu maka perekaman tidak bisa dilaksanakan.

Nyamei mencontohkan, beberapa hari belakangan ini, listrik dari PLN Cabang Buntok sering mati mendadak. Hal tersebut sangat berdampak terhadap kondisi sejumlah sistem operasional terkait perekaman e-KTP. Jika terus demikian maka target penyelesaian e-KTP juga tertunda.

Untuk itu dia mengharapkan agar PLN di Kota Buntok turut serta membantu agar listrik jangan terlalu sering padam. Kalau memang listrik dimatikan dia meminta ada pemerintahuan sehingga peralatan perekaman e-KTP tidak cepat rusak akibat mati mendadak.

Nyamei menambahkan, selain listrik, ada beberapa kendala lainnya yang memperlambat e-KTP selesai, di antaranya pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait pentingnya warga memiliki e-KTP kurang. Kemudian jaringan internet di Barsel yang kurang normal juga menjadi salah satu penyebab.

“Kita lihat sendiri kesadaran masyarakat kurang terhadap pentingnya e-KTP. Bila ada keperluan mendesak dan harus menggunakan e-KTP baru warga berbondong-bondong datang. Jika kebetulan jaringan internet terganggu maka ditakutkan akan memperlambat pengiriman data ke pusat,” ungkapnya.

Dia mengajak semua elemen terkait agar bersama-sama saling membantu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama memberikan pengertian kepada masyarakat akan pentingnya memiliki e-KTP. c-lis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here