Tingkatkan Minat Baca dengan Cerita Rakyat

152
Ilustrasi membaca
Ilustrasi

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) terus melakukan upaya peningkatan minat baca bagi anak didik di daerah itu melalui kegiatan membaca dan cerita rakyat. Dengan tujuan selain meningkatkan kecerdasan juga sebagai pelestarian budaya lokal.

“Pelestarian nilai dan budaya lokal harus terus dijaga salah satunya dengan mengupayakan serta menghidupkan cerita rakyat kepada generasi bangsa,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Dr Guntur Talajan MPd saat membuka Rapat Koordinasi Mitra Pariwisata beberapa waktu lalu.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng itu juga menyebutkan kegiatan bercerita rakyat dapat meningkatkan daya imajinatif anak kepada hal yang positif. Karena, menurutnya dapat meransang otak anak dalam berpikir tentang cerita rakyat yang diangkat.

Selain itu kegiatan bercerita rakyat tersebut, juga merupakan implementasi pelestarian budaya kepada generasi muda agar nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sebuah cerita daerah dapat diteladani dan menunjukkan jati diri sebagai anak bangsa.

“Bercerita atau membaca merupakan salah satu upaya pemberantasan melawan kebodohan dan meningkatkan kemampuan kognitif anak,” ucapnya.

Pihaknya menyebutkan pemerintah Provinsi terus berupaya memajukan sektor pendidikan dan kebudayaan untuk mendukung visi misi Kalteng itu menjadikan daerah tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama.

Oleh karena itu pihaknya juga mengimbau dan meminta kepada Pemerintah daerah yang ada di wilayah Kalteng agar melakukan upaya yang sama dalam melestarikan kebudayaan lokal dan mewujudkan Kalteng Berkah.

“Banyak hal yang dapat dipelajari tentang cerita rakyat kepada generasi muda, selain bersifat menghibur dan mendidik, hal itu juga dapat merangsang otak anak ke arah yang positif dan melestarikan budaya lokal,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan Pemerintah Provinsi Kalteng telah mengambil inisiatif untuk menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang kaarifan lokal dengan tujuan agar siswa-siswi SD sampai SMA mengenal dan memahami keadaan sosial, budaya, sejarah serta lokasi wisata dilingkungan terdekat mereka.

Dengan harapan para generasi penerus itu memahami tentang keadaan sosial, budaya dan sejarah lokal yang ada disekitannya.nta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here