Festival Maneser Panatau Tatu Hiang, Sejumlah Lomba Mulai Digelar

492
Peserta musik etnik dari Palangka Raya saat tampil di Festival Maneser Panatau Tatu Hiang
Peserta musik etnik dari Palangka Raya saat tampil di Festival Maneser Panatau Tatu Hiang

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Festival Maneser Panatau Tatu Hiang 2017 memasuki hari kedua. Adapun lomba yang diselenggarakan kali ini yakni lomba karungut, musik etnik kontemporer, tari etnik kontemporer garapan dewasa dan tari etnik kontemporer tunggal, Jumat (12/5).

Sementara pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada Sabtu (13/5) malam, sekaligus acara puncak peringatan HUT Ke-5 Sanggar Seni Riak Renteng Tingang.

Kalvery Igor, salah satu juri pada kategori lomba musik etnik kontemporer, mengatakan, pihak juri dalam penilaian menekankan pada tingkat kreativitas dan mencari nuansa berbeda dari sebelumnya.

“Kita berharap musik Kalteng bisa dikembangkan secara lebih, tidak monoton. Misalkan menggabungkannya dengan nuansa rock, namun menggunakan alat musik tradisional,” katanya.

Igor menilai, perkembangan musik etnik di Kalteng beberapa tahun terakhir sudah lumayan meningkat dengan jumlah antusias yang tinggi. Adapun kendala yakni kurang mengekspor lebih dekat.

“Kekurangan dari peserta yang tampil hanya persiapan yang masih minim. Misalnya alat musik kecapi yang tidak disetel, sehingga nadanya kurang baik,” tuturnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Chynthia Yollanda mengatakan pihak panitia turut memberikan beberapa hadiah menarik bagi penonton yang hadir di Festival Maneser Panatau Tatu Hiang. Di antaranya dengan mengadakan lomba foto terunik di fotoboth yang telah disediakan dengan kategori foto couple, selfie dan grup.

“Caranya gampang, add instagram kita yakni Maneser Panatau Tatu Hiang atau Riak Renteng Tingang dengan hastag mpth2017,” jelasnya. fwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here