Tingkatkan Keterampilan Melalui Pelatihan

780
Pelatihan las listrik di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Koperasi UKM Barut
Pelatihan las listrik di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Koperasi UKM Barut

MUARA TEWEH/tabengan.com – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disnakertran, Koperasi dan UKM) Barito Utara (Barut) mengadakan kegiatan pelatihan las listrik bagi 16 orang warga Muara Teweh di lingkingan kantor setempat.

Kepala Disnakertrans, Koperasi, dan UKM Barut Tenggara menjelaskan pelatihan las listrik termasuk di dalam pelatihan berbasis kompetensi yang menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja.

“Kemampuan kerja itu mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai standar yang ditetapkan di tempat kerja,” kata Tenggara, Senin (8/5).

Disampaikannya, pelatihan las listrik yang diselenggarakan ini dijadwalkan selama 90 jam pelajaran atau selama 10 hari. Pelatihan bertujuan untuk mencetak tenaga kerja yang memiliki kompetensi atau kemampuan kerja di level operator las listrik.

“Diharapkan dari hasil pelatihan ini mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, sehingga dapat diserap dunia usaha yang akhirnya dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah ini,” ucap Tenggara.

Sebelumnya, pada Maret lalu, Disnakertran, Koperasi, dan UKM juga bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng melaksanakan pelatihan di bidang kejuruan otomotif roda empat dan operator basic office. Pelatihan tersebut diikuti 20 orang peserta pencari kerja, selama 5 bulan di beberapa perusahaan di Barut. c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here