Tak Didukung PLN, Pelaksanaan UNBK SMP Tetap Lancar

1439
Ujian Nasional Basis Komputer (UNBK) yang dipusatkan di SMAN 1 Pangkalan Bun
Ujian Nasional Basis Komputer (UNBK) yang dipusatkan di SMAN 1 Pangkalan Bun

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Supervisor Teknik Jaringan Listrik PLN Rayon Pangkalan Bun, Edhi Juli Purba tegas mengatakan tidak ada bantuan genset untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Tidak ada mas, karena dari kantor wilayah (Kanwil) kami tidak ada intruksi itu,” jawab dia saat dihubungi per telpon, baru-baru ini.

Ia mengakui, berbeda dengan UNBK tingkat SMA/SMK sederajat, pihaknya membantu penyediaam genset. Namun entah kenapa untuk tingkat SMP ini pihaknya enggan menyediakan kembali. Ia juga menerangkan jika konsidi daya listrik di Kobar saat ini sudah surplus.

“Tidak akan ada lagi pemadaman listrik, karena kita saat ini sudah surplus,” ujarnya lagi.

Meski demikian, pihaknya mengaku hanya memiliki 1 genset saja yang bisa diberikan untuk membackup pelaksanaan ujian. Itupun biaya bahan bakarnya diserahkan kepada dinas terkait atau pihak sekolah.

“Genset kami ada tapi cuman 1. Bukan kami tidak bisa mengupayakan namun seluruh wilayah Kalteng dan Kalsel tidak ada perintah atau penyediaan genset untuk UNBK SMP,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kobar Aida Lailawati justru sangat khawatir jika pelaksanaan UNBK di 4 sekolah di Kobar ini terkendala listrik.

“Harapan kami dari awal PLN bisa mendukung dengan penyediaan genset jika suatu waktu listrik padam, pelaksanaan ujian tetap berjalan normal,” kata dia.

Untungnya, saat pelaksanaan UNBK yang digelar 3 gelombang di Kobar, listrik tidak padam. Sehingga pelaksanaan UNBK SMP yang menumpang ke sekolah SMA dan SMK itu berjalan lancar.c-uli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here