Pemkab Perang Terhadap Sampah

984
Kegiatan perang terhadap sampah yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barut
Kegiatan perang terhadap sampah yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barut

MUARA TEWEH/tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut) menyatakan perang terhadap sampah. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (BLH) setempat, melakukan aksi memungut sampah bersama para pelajar SLTA.

Kepala BLH Barut Suriawan Prihandi mengatakan, gerakan perang sampah diharapkan dapat menggugah hati masyarakat agar peduli terhadap lingkungan sekitar.

Disampaikannya, kegiatan perang sampah tersebut diadakan dalam bentuk lomba untuk para pelajar yang diikuti 14 regu berasal dari sekolah dalam kota Muara Teweh, selain itu juga diikuti SOPD, instansi, dan organisasi masyarakat lainnya.

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan tersebut yaitu dalam rangka memerangi sampah serta dalam rangka Hari Bumi,” kata Suriawan didampingi Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Nailil Fasihah, Jumat (5/5).

Lebih lanjut, kata Suriawan, pelaksanaan perang sampah tersebut untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kita semua hendaknya peduli sampah dengan cara tidak membuang sampah disembarang tempat. Selain itu pula memberikan contoh kepada masyarakat pola hidup sehat dengan memelihara lingkungannya masing-masing.

“Kita sadar bahwa tidak mudah membiasakan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi yang berada dibantaran sungai, karena sudah terbiasa membuang sampah langsung ke sungai,” tandasnya.

Ditambahkan Nailil Fasihah, kegiatan perang sampah tersebut sekaligus perlombaan bagi para pelajar. Dalam perlombaan ini ada tiga kategori yang diperlombakan, yakni kekompakan, persiapan dan volume/pemilahan. Keluar sebagai juara I adalah SMKN 2, Juara II SMAN 2, Juara III SMAN 3. c-ryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here